NAMA : JIHAN RAUDYA TUZZAHRA

TUGAS : FITOGEOGRAFI C

DOSEN TAMU : Dr. Thomas (Filipina) dan Mr. James (Amerika)

DOSEN : Atus Syahbudin

WAKTU : 28 Oktober 2016

TEMPAT : Ruang Multimedia, FKT UGM

 

Kesan dari kuliah umum ini adalah tentunya kita mendapatkan pengalaman baru dan mendapat banyak sekali informasi baru yang belum kita ketahui, khususnya informasi tentang keadaan hutan beserta macam-macam vegetasi yang ada di Filipina.

Kita juga sekaligus belajar budaya Filipina. Dr. Thomas membawakan materi kuliah umum ini secara santai menggunakan bahasa Inggris dengan dialek Filipina nya kental, beliau juga berbagi istilah, misalnya padang rumput dalam bahasa Indonesia, grass land dalam bahasa Inggris, dan dalam bahasa Filipina disebut sebagai kogong. Ada rasa kagum ketika dikatakan bahwa mahasiswa di Filipina harus menghafal 400 pohon beserta ciri-cirinya dan mereka bisa, padahal kita yang hanya 70 pohon saja terkadang mengeluh bahwa itu merupakan jumlah yang banyak, ternyata di luar sana masih ada yang lebih banyak dari kita.

Secara tidak langsung kita juga mengasah kemampuan berbahasa Inggris kita dengan cara listening dan speaking. Khususnya jika kita menginginkan beasiswa ke luar negeri, tentu harus terpacu untuk lebih belajar menguasai bahasa Inggris lagi.

Dari kuliah umum ini kita juga jadi lebih menyadari akan potensi hutan yang Indonesia miliki ini sungguhlah melimpah dan beraneka ragam tentunya, terutama jenis-jenis pohon, banyak pohon yang tidak dimiliki oleh negara lain termasuk Filipina tetapi dimiliki oleh Indonesia, artinya kita harus menjaga dan mempertahankan apa yang sudah dimiliki oleh hutan Indonesia sebab hal tersebut merupakan suatu kelebihan yang tak ternilai harganya.