Dag..Dig..Dug…

28 Juni 2016 pukul 14.00, tiba waktunya untuk melihat pengumuman hasil SBMPTN…

Dag..Dig..Dug…

Dag..Dig..Dug…

Mulut ini tiada lelah mengucap doa sedari tadi sampai akhirnya kuberanikan diri untuk membuka pengumuman. Ku isi nomor peserta serta tanggal lahir. Dan… muncul tulisan biru “Selamat! Anda dinyatakan lulus seleksi SBMPTN 2016 di 471485-KEHUTANAN, UNIVERSITAS GADJAH MADA”. Alhamdulillah. Rasa syukur ini tak henti-hentinya kupanjatkan kepada Allah SWT. Itu artinya, kini aku telah menjadi salah seorang mahasiswi baru UGM 2016 dari ribuan mahasiswa-mahasiswi baru lainnya. Ya, UGM, kampus kerakyatan impianku.

~~~~~~~~~~

Sebagai mahasiswa baru UGM, kami semua diwajibkan untuk mengikuti PPSMB (Pelatihan Pembelajar Sukses Mahasiswa Baru) yang berlangsung dari tanggal 1-5 Agustus 2016. Kami diberi tugas yang bisa dikatakan cukup banyak, tetapi tugas-tugas itu bertujuan untuk membuat kita menjadi tidak hanya mengenal UGM saja tetapi juga untuk memahami semua yang ada di UGM. Hal tersebut menjadi langkah awal kita untuk diresmikan menjadi mahasiswa-mahasiswi baru UGM 2016.

~~~~~~~~~

Ini dia minggu pertamaku di UGM…

Tak sabar rasanya ingin bertemu dengan teman-teman baru. 1 Agustus 2016, semua mahasiswa-mahasiswi baru datang menuju Lapangan Pancasila, UGM. Jalanan dibuat macet lantaran saking banyaknya mahasiswa-mahasiswi baru. Ini pertama kalinya aku memengenakan kemeja putih, rok hitam, serta jas almamater kebanggaan yang dilengkapi dengan caping kerakyatan di atas kepala. Dengan wajah sumringah aku berjalan mencari teman-teman gugusku “Suhardi Tjahjono 21”. Sebelum aku mengenal mereka lebih lanjut, sedikit demi sedikit aku menghafal nama dan wajah teman-teman baruku ini. Upacara pembukaan PPSMB sekaligus penerimaan mahasiswa-mahasiswi baru berlangsung sangat meriah. Yang paling membuatku terkesan adalah dengan adanya pesawat-pesawat yang membawa ucapan selamat datang untuk kami semua serta membawa para penerjun yang akan mendarat di Lapangan Pancasila tempat kami berpijak dan itu semua berjalan mulus. Selain itu ada juga penampilan dari UKM yang ada di UGM. Setelah itu, kami semua berjalan menuju kelas masing-masing sesuai dengan gugus dan aku bersama teman-teman gugusku menuju ke gedung SV. Di ruang tersebut kami berkelompok, melakukan diskusi, bermain, tertawa bersama, dan makan bersama yang tentunya membuat kami semakin akrab. Tidak hanya itu, kami juga diberi materi mengenai UGM dan dipandu oleh COFAS kami yaitu Mbak Vivi dan Mas Fauzan.

Esok harinya, 2 Agustus 2016, pematerian masih berlanjut. Kami menjadi lebih memahami tentang apa saja yang ada di UGM. Banyak sekali yang dapat dipelajari dari kegiatan ini terutama ketika sharing mengenai pengalaman masing-masing yang tentunya sangat menginspirasi kami semua. Di hari ke 2 ini aku sudah dapat mengenal mereka secara lebih dekat lagi bahkan rasa canggung sudah tidak ada lagi diantara kami. Sifat-sifat mereka sudah terbaca semua, ada yang memang ingin selalu tampil dan memimpin, ada yang pendiam, ada yang selalu membuat suasana diskusi menjadi tidak tegang dengan celotehannya, dan masing banyak karakter lain yang ada di Suhardi Tjahjono 21 ini. Senang rasanya bisa menjadi bagian dari mereka semua, mahasiswa-mahasiswi bahagia.

Pada tanggal 3 dan 4 Agustus 2016, PPSMB dilaksanakan di gedung fakultas masing-masing. PPSMB Fakultas Kehutanan dinamakan sebagai PPSMB RIAP (Respect Innovative Active Progressive). Kali ini kelompok Bufo melanotictus dipandu oleh Mbak Dinda dan Mas Ghazal. Tanggal 3 Agustus 2016 diadakan pembukaan PPSMB RIAP, lalu dilanjutkan dengan sedikit pematerian, sharing-sharing, dan games. Untuk games, tiap kelompok menuju laboratorium yang ada di Fakultas Kehutanan sebanyak mungkin, di tiap laboratorium itu kami semua diberi penjelasan singkat mengenai apa saja tentang laboratorium tersebut lalu diberi semacam quiz untuk dikerjakan bersama dalam waktu sesingkat-singkatnya dan jika jawaban benar maka akan mendapatkan cokelat sebagai poin untuk kelompok, selain itu kami juga merangkai huruf agar menjadi sebuah nama laboratorium yang ada di Fakultas Kehutanan. Lalu, diumumkan bahwa kelompok kami meraih juara 3 dengan 8 poin. Masing-masing dari kami pulang dengan penuh rasa bangga.

4 Agustus 2016, merupakan hari ke 2 sekaligus terakhir dari PPSMB RIAP. Kami seluruh mahasiswa-mahasiswi baru Fakultas Kehutanan 2016 mengenakan baju, celana, topi, dan sepatu lapangan. Kegiatan out bond dilaksanakan di Lembah UGM. Disana kami semua diuji kekompakan serta kecepatan berpikirnya karena setiap pos menuntut kita untuk menyelesaikan games dengan penuh strategi agar dapat berhasil, selain itu di tiap pos kita harus menyanyikan yel-yel dengan penuh semangat. Kekompakan dan kerjasama begitu terasa. Banyak sekali pelajaran yang dapat dipetik dari setiap rangkaian kegiatan. Setelah out bond selesai, kami semua berkumpul untuk foto bersama membentuk tulisan FKT dengan membawa kertas berwarna hitam dan hijau. Di penghujung acara, kami semua berjalan menuju Fakultas Kehutanan sambil menyanyikan mars rimbawan, disana kami disambut meriah oleh kakak-kakak yang sangat ramah. Telah dihidangkan angkringan, kami bebas untuk mengambilnya. Makan bersama, bernyanyi bersama. Bahagia sekali rasanya.

5 Agustus 2016, dilanjutkan dengan pematerian di dalam kelas sama seperti hari ke 1, 2, dan 4. Seperti hari-hari kemarin kita melakukan diskusi, bermain games, sharing, dan banyak lagi yang tentunya sangat bermanfaat untuk kita.

6 Agustus 2016, hari penutupan PPSMB. Itu artinya kami akan berpisah dengan teman-teman satu gugus, tapi tak apa, kami masih bisa bertemu kapan pun. Rumput lapangan Pancasila sudah dihiasi dengan rafia-rafia yang akan kita isi untuk membentuk formasi yang telah ditentukan, dengan berbekal kertas asturo, caping, dan pom-pom. Inilah yang ditunggu-tunggu oleh banyak orang terutama civitas akademika UGM. Rasa bahagia, haru, bangga, semua campur aduk menjadi satu saat itu. Tak dapat diungkapkan dengan kata-kata. Pengalaman selama 6 hari ini akan menjadi bekal yang sangat berguna untuk di masa depan.

 1470484108642 1470560142596147030608056520160801_09405420160801_09425320160806_140934

sumber: dokumen pribadi